Ciri, Cara Reproduksi dan Jenis Alga Cokelat ( Phaeophyta )

Hai sobat! Sudah paham tentang Euglenophyta kan? Jadi, saatnya sobat beralih ke materi selanjutnya! Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Phaeophyta.

Dengan mempelajari ini, sobat nantinya akan mengetahui ciri-ciri yang membedakan Phaeophyta dengan alga yang lain, serta cara reproduksi yang dimilikinya.

Ciri-ciri Phaeophyta

Apa sih Phaeophyta?

Phaeophyta itu adalah protista yang mirip alga, sobat juga bisa memanggilnya dengan sebutan alga cokelat. Phaeophyta merupakan organisme yang multiseluler sobat!


Semua Phaeophyta berbentuk benang atau lembaran. Bahkan ada diantaranya yang mirip dengan tumbuhan tingkat tinggi (memiliki akar, daun, dan batang). Akan tetapi, pada Phaeophyta yang berkoloni besar, biasanya terdapat organ yang menyerupai akar, batang dan daun. Hal ini dinamakan talus.

Laminaria (Ganggang Kecokelatan)
Laminaria (Ganggang Kecokelatan)


Umumnya, Phaeophyta ini berukuran makroskopis sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang. Bahkan ada yang dapat mencapai ukuran lebih dari 30 meter!

Phaeophyta memiliki beberapa pigmen yaitu klorofil, karoten, dan xantofil. Phaeophyta berwarna kecokelatan karena alga ini memiliki pigmen fukosantin yang dominan.

Hampir dari semua spesies alga ini hidup di laut. Terutama laut yang dingin sobat! Dan alga ini jarang hidup di perairan tawar.

Phaeophyta  memiliki kloroplas tunggal yang berbentuk seperti benang, tetapi ada juga yang berbentuk seperti cakram (discoid). Kloroplasnya juga mengandung pirenoid yang digunakan untuk menyimpan cadangan makanan berupa laminarin.


Bentuk, atau Bagian Tubuh Phaeophyta


Pada ujung-ujung lembaran fertil terdapat reseptakel, yaitu badan yang berfungsi sebagai perkembangbiakan Phaeophyta ini. Di dalam reseptakel tadi, terdapat sebuah bagian lagi yang bernama konseptakel yang menghasilkan ovum dan spermatozoid pada tumbuhan yang berbeda.

Anggota filum Phaeophyta ini memiliki talus yang bersel banyak, dan dapat melekat pada substrat. Sedangkan bagian tubuh yang lain mengapung di air. Beberapa anggota filum Phaeophyta seperti Sargassum, Macrocytis dan Neurocytis memiliki gelembung udara yang berfungsi untuk menyimpan gas nitrogen serta untuk mengapung.

Perkembangbiakan Phaeophyta

Phaeophyta dapat berkembang biak secara Seksual maupun Aseksual. Aseksual dengan cara mengeluarkan spora (zoospora dan aplanospora ). Zoospora yang dihasilka memiliki flagela.

Perkembangbiakan Phaeophyta (Alga Cokelat)
Perkembangbiakan Phaeophyta (Alga Cokelat)
Anteredium berupa sel yang berbentuk corong merupakan sel jantan, sedangkan oogonium yang berupa badan yang duduk di atas tangkai merupakan sel betina.

Jika spermatozoid dapat membuahi sel telur, maka terbentuklah zigot. Zigot kemudian akan membentuk dinding selulosa dan pektin kemudian melekat pada suatu substrat. Selanjutnya dia akan berubah menjadi individu baru yang bersifat diploid.

Dilain sisi, Phaeophyta juga bisa bereproduksi secara aseksual lo sobat! Yaitu dengan cara isogami serta oogami.


Beberapa Jenis Phaeophyta


Jenis-jenis Phaeophyta (Alga Cokelat)
Jenis-jenis Phaeophyta (Alga Cokelat)


  1. Laminaria : Memiliki batang, daunnya berbentuk lembaran dan memiliki asam alginat dan yodium.
  2. Macrocystis : Menghasilkan yodium serta asam alginat untuk bahan industri. Mereka melekat pada lingkungannya dengan bantuan talus yang menyerupai akar.
  3. Sargasum : Daunnya berbentuk lembaran, diantara batang dan tangkainya terdapat gelembung udara.
  4. Fucus : Bentuk daun berupa lembaran dan pada bagian tepi daun terdapat gelembung.

Peranan Phaeophyta

Phaeophyta merupakan kelompok besar ganggang multiseluler di sebagian besar laut. Sehingga Phaeophyta memegang peranan penting, yaitu :
  1. Sebagai habitat makhluk laut lain, yup! Phaeophyta seperti Laminaria dapat mencapai panjang 60m lebih, sehingga membentuk sebuah hutan lebat di dalam air, yang memungkinkan sebagai habitat para ikan.
  2. Selain sebagai habitat, beberapa jenis dari Phaeophyta juga dapat dijadikan makanan bagi manusia.
Nah, sekian materi Phaeophyta dari saya, apabila ada pertanyaan, tolong ditulis di komentar ya sobat! Selamat belajar!
Latest
Previous
Next Post »

Jangan lupa untuk berkomentar ya!
Tapi, jangan sertakan link aktif! Apalagi ngespam..
ConversionConversion EmoticonEmoticon