Penjelasan Kingdom Monera

Monera adalah makhluk hidup yang terdiri dari 1 sel (uniseluler), sesuai dengan kata yunani moneres yang berarti tunggal. Monera tidak mempunyai membran inti sel, memiliki nukleoid dan belum memiliki organel bermembran seperti badan golgi, mitokondria dan kloroplas. Dinding selnya disebut peptidoglikan. Kingdom ini secara umum disebut bakteri.

Definisi Uniseluler dan Multiseluler

monera (bacteria)
Bacteria


Organisme utama yang termasuk Monera adalah Eubacteria dan Archaebacteria. Keduanya merupakan organisme prokariotik

Oleh karena ukurannya yang sangat kecil, dan perkembangbiakan yang sangat cepat, anggota kingdom monera ini menjadi organisme yang paling melimpah dibumi ini. Misalnya bakteri Escherichia coli yang dapat bereproduksi dengan cara biner setiap 15 menit.

Eubacteria

Bakteri merupakan organisme bersel tunggal yang hidup bebas dimana-mana. Bakteri berukuran sangat kecil, yaitu hanya 0,2–10 mikrometer.

Bakteri memegang peranan penting dalam kehidupan di bumi. Kehidupan makhluk hidup lain, seperti hewan, tumbuhan, dan manusia sangat bergantung pada bakteri. Bakteri berguna dalam mendegradasi atau merombak sampah dan jasad mati. Bakteri juga berguna untuk mengubah komponen-komponen organik menjadi anorganik agar dapat diserap oleh tumbuhan.

Baca Juga : Penjelasan Tentang Eubacteria (Bakteri)

Archaebacteria

Kelompok Archaebacteria merupakan organisme yang menempati daerah yang ekstrim seperti sumber air panas dan air dengan kadar garam (salinitas) tinggi.

Sekarang sudah mengerti kan apa itu kingdom monera? Pada postingan selanjutnya, saya akan berbagi penjelasan tentang Eubacteria dan Archaebacteria. Selamat belajar

Previous
Next Post »

Jangan lupa untuk berkomentar ya!
Tapi, jangan sertakan link aktif! Apalagi ngespam..
ConversionConversion EmoticonEmoticon