Penjelasan Lengkap Mengenai Virus

Pernahkah sobat mendengar penyakit AIDS? Penyakit ini disebabkan oleh virus Human Immunodeficiency Virus (HIV). Virus ini menyerang kekebalan tubuh penderitanya. Sehingga jika penderita terkena penyakit, kekebalan tubuhnya tidak akan berkerja sehingga dapat membuat penderita mengalami kematian.

Virus, merupakan suatu benda mati atau bisa dibilang makhluk hidup yang dapat mengkristal. Virus ini biasanya merugikan manusia! Jadi, jangan sampai sobat terkena virus ya!
Virus HIV
Virus HIV

Virus sangat unik! Hal ini karena virus dapat dikristalkan dan hanya melakukan aktivitas hidupnya pada sel atau jaringan hidup. Jika virus terdapat diluar sel hidup, virus seperti benda mati karena tidak dapat melakukan aktivitas hidupnya.

Ciri dan Struktur Virus

Virus Ebola
Virus Ebola

Sekarang, coba sobat pikirkan apakah virus termasuk makhluk hidup atau benda mati? Jika berada diluar sel hidup, virus tidak dapat bergerak, tumbuh, atau bereproduksi sehingga diluar sel hidup virus digolongkan sebagai makhluk tak hidup. Tetapi, jika virus terdapat pada sel atau jaringan makhluk hidup lain, maka virus dapat tumbuh, bergerak dan bereproduksi sehingga dikatakan makhluk hidup. Oleh karena itulah virus dikelompokkan sebagai peralihan makhluk tak hidup ke makhluk hidup.

Berikut adalah ciri-ciri umum yang dimiliki oleh virus :
  1. Virus berukuran sangat kecil, sekitar 0,05 mikrometer sampai 0,2 mikrometer (1 mikrometer = 1/1000 mm). Oleh karena itu, virus hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron.
  2. Tubuh virus terdiri oleh Selubung inti dan bahan inti. Bahan inti yang dimaksud berupa RNA atau DNA.
  3. Virus tidak memiliki membran dan organel-organel penting bagi kehidupan. Sehingga diluar sel inang, virus tidak dapat melakukan aktivitas sebagai makhluk hidup.
  4. Virus hanya dapat bereproduksi ketika berada dalam sel atau jaringan hidup.
  5. Virus dapat dikristalkan layaknya benda mati.
Virus tersusun dari asam nukleat, yaitu Deoksiribonukleat (DNA) atau asam Ribonukleat (RNA) yang sibungkus oleh selubung protein yang disebut kapsid.

Lalu, apa itu virus bakteriofage? Virus bakteriofage adalah virus yang menyerang bakteri. Struktur tubuh bakteriofage terdiri dari kapsid, kepala, ekor, dan isi.

Struktur Bakteriofage
Struktur Bakteriofage
  1. Kapsid merupakan lapisan pembungkus tubuh virus yang berfungsi melindungi virus dari keadaan lingkungannya serta memberi bentuk tubuh virus.
  2. Kepala virus berisi materi genetik (asam nukleat) berupa DNA atau RNA.
  3. Ekor merupakan bagian tubuh virus yang penting untuk melekatkan diri dengan sel inang serta memasukkan materi genetik virus kedalam sel inang tersebut.
  4. Serat Ekor berfungsi membantu menopang ekor disaat penginjeksian materi genetik virus.
Lalu, bagaimana cara reproduksi bakteriofage tersebut? Tunggu saja postingan selanjutnya ya! Jangan lupa untuk saling share! Dan, selamat belajar sobat!
Previous
Next Post »

Jangan lupa untuk berkomentar ya!
Tapi, jangan sertakan link aktif! Apalagi ngespam..
ConversionConversion EmoticonEmoticon