Langkah Merencanakan Penelitian

Apakah sobat pernah melakukan suatu penelitian? Disadari atau tidak, saya yakin sobat sudah pernah melakukan suatu penelitian. Sebenarnya apa yang dimaksud penelitian? Penelitian adalah suatu usaha yang cermat dan teratur untuk mendapatkan suatu jawaban ilmiah terhadap suatu masalah. Tetapi, untuk melakukan suatu penelitian, terdapat beberapa hal yang perlu sobat lakukan terlebih dahulu.

merancanakan suatu penelitian
Penelitian menggunakan mikroskop

a. Mengidentifikasi Masalah

Langkah pertama untuk melakukan suatu penelitian adalah menyadari dan mengidentifikasi masalah yang akan sobat angkat menjadi sebuah penelitian. Masalah ini bisa sobat temukan secara sengaja maupun tak sengaja. 

Untuk membantu mengidentifikasi suatu masalah sobat bisa melihat berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para penyelidik lain. Sobat bisa menganalisis penelitian tersebut dan mendapatkan permasalahan yang baru. Pengamatan terhadap objek adalah hal yang paling efektif dalam mengidentifikasi suatu masalah.

b. Merumuskan Tujuan

Setelah mengidentifikasi suatu masalah, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menentukan atau merumuskan tujuan. Hal ini perlu sobat lakukan supaya nanti, penelitian sobatakan  menjadi lebih terarah dan lebih maksimal hasilnya. Selain itu, merumuskan tujuan juga berfungsi untuk mempersempit masalah yang terlalu luas ruang lingkupnya.

c. Menetapkan Jenis Penelitian

Langkah berikutnya adalah menetapkan jenis penelitian. Jenis penelitian yang digunakan nanti haruslah sesuai dengan masalah yang akan dipecahkan.Terdapat banyak jenis penelitian yang dapat digunakan yang sesuai dengan rumusan masalah. Contoh jenis penelitian yang sering digunakan adalah deskriptif dan eksperimantal.
  1. Deskriptif

    Penelitian secara deskriptif bertujuan memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat obejek yang diselidiki. Dengan penelitian ini, dapat diperoleh data atau informasi yang mendetail.
  2. Eksperimental

    Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perlakuan tertentu kepada suatu objek penelitian dan membandingkan hasilnya dengan kelompok kontrol. Kelompok kontrol adalah kelompok yang dijadikan sebagai pembanding. Dalam bidang biologi, banyak dilakukan penelitian jenis ini. Misalnya penelitian untuk membedakan pengaruh pemberian pupuk terhadap tanaman.
Jadi, terdapat 3 cara sebelum sobat melakukan suatu penelitian, lakukan dengan benar! Maka, hasilnya tentu akan maksimal. Jangan segan-segan untuk melakukan penelitian! Hal ini bagus untuk pembelajaran praktek sobat! Teruslah belajar dan raih impian sobat!


Previous
Next Post »

Jangan lupa untuk berkomentar ya!
Tapi, jangan sertakan link aktif! Apalagi ngespam..
ConversionConversion EmoticonEmoticon