Sistem Pernapasan Manusia

1. Organ Pernapasan Manusia

Hai sobat, tau gak apa yang disebut dengan sistem pernapasan manusia? Sistem pernapasan manusia adalah semua struktur yang menghubungkan udara ke dan dari paru-paru. Organ-organ pernapasan pada manusia terdiri atas : hidung, faring, laring, trakea, bronkus, dan pulmo. Mari kita bahas bersama!

sistem pernapasan manusia
Sistem Pernapasan

a. Hidung

Organ pertama adalah hidung. Hidung terdiri atas lubang hidung, rongga hidung dan ujung rongga hidung. Rongga hidung memiliki banyak rambut hidung, kapiler darah, dan selalu lembab karena adanya lendir yang dihasilkan mukosa (selaput lendir).

Udara yang dihirup oleh hidung mengalami :
  • Penyaringan oleh rambut-rambut kecil (silia) dan selaput lendir yang berguna untuk menyaring debu dan melekatkan kotoran oada rambut hidung. Jadi, jangan sekali-kali cabut bulu hidung sobat ya.. karena rambut hidung termasuk alat penyaringan, hihihi.
  • Penyesuaian suhu oleh kapiler darah yang ada dalam rongga hidung.
  • Pengaturan kelembapan oleh lapisan lendir.

b. Faring

Faring merupakan persilangan jalan masuk udara dan makanan. Faring merupakan persimpangan antara rongga mulut ke kerongkongan dan rongga hidung ke tenggorokan. Ingat! Tenggorokan untuk pernapasan, sedangkan kerongkongan untuk pencernaan. Jangan sampai terbalik ya.

c. Laring

Laring juga bisa disebut pangkal tenggorok. Pada waktu menelan makanan, epiglotis pada laring dapat melipat kebawah menutupi laring, sehingga tidak ada makanan yang dapat masuk ke laring. Pada pangkal tenggorok terdapat selaput suara, atau biasa disebut pita suara.

d. Trakea

Trakea merupakan saluran yang dibentuk oleh cincin-cincin tulang rawan hialin yang berbentuk C. Pada permukaan dalam dinding trakea terdapat selaput lendir yang tersusun atas sel yang berambut getar. Fungsinya untuk menahan dan mengeluarkan kotoran yang ikut bersama udara pernapasan sehingga tidak ikut masuk ke paru-paru.

e. Bronkus

Bronkus merupakan percabangan dari trakea yang berjumlah sepasang. Satu menuju paru-paru bagian kanan, sedangkan yang satu lagi menuju paru-paru bagian kiri. Tempat percabangannya disebut buferkase. 

Bronkus bagian kanan bercabang menjadi 3 bronkiolus sedangkan bronkus kiri bercabang menjadi 2 bronkiolus. bronkiolus memiliki saluran yang lebih kecil dibanding dengan bronkus.

f. Paru-paru

Paru-paru merupakan kumpulan alveolus yang dibagi menjadi beberapa belahan (lobus). Paru-paru kanan dibagi menjadi 3 lobus sedangkan paru-paru kiri dibagi menjadi 2 lobus. Paru-paru dilapisi selaput yang bernama pleura. 

Sekarang sobat sudah mengertikan? fungsi dari organ-organ yang sudah dijelaskan diatas? Jika ada pertanyaan jangan lupa untuk bertanya pada halaman Contact. Selamat belajar sobat!


Previous
Next Post »

Jangan lupa untuk berkomentar ya!
Tapi, jangan sertakan link aktif! Apalagi ngespam..
ConversionConversion EmoticonEmoticon