Mengenal Kingdom Protista Lebih Dekat

Kingdom protista merupakan sekelompok organisme eukariotik. Kingdom protista sangatlah berbeda dengan kingdom lainnya sobat! Beberapa organisme protista adalah autotrof, dan beberapa lainnya adalah heterotrof.

Lalu, apa itu Autotrof?

Organisme protista masih belum terdapat diferensiasi jaringan, dan menunjukkan kemiripan morfologi dan fisiologi dengan hewan, tumbuhan, bahkan fungi sekalipun. Kebanyakan protista adalah organisme yang uniseluler, tapi ada juga organisme protista yang multi seluler.

Definisi Uniseluler dan Multiseluler

protista biologi note
Physarum polycephalum (Protista)
Organisme anggota protista bersifat autotrof dan heterotrof, dan ada juga yang mendapatkan makanannya secara bervariasi bergantung kondisi lingkungan pada saat itu. Protista dapat ditemukan pada air tawar, air laut dan bersimbiosis dengan makhluk hidup lain. Protista dapat dibagi menjadi 3 klasifikasi, yaitu protista mirip jamur, protista mirip tumbuhan dan protista mirip hewan.

Protista Mirip Hewan

Protozoa artinya hewan pertama (protos = pertama; zoon = hewan), digambarkan sebagai organisme mirip hewan karena dapat bergerak dan mengambil makanan dari organisme lain. Protozoa dibagi ke dalam 6 filum, yaitu Zoomastigophora, Rhizopoda, Apicomplexa, Ciliophora, Foraminifera,
dan Actinopoda.

Protista Mirip Jamur

Dahulu, para ahli mengelompokkan protista mirip jamur ini pada kingdom fungi, namun sekarang pada umumnya para ahli telah mengelompokkannya ke dalam kingdom protista. Protista mirip jamur biasanya banyak menghabiskan waktunya dalam bentuk uniseluler. Akan tetapi, protista mirip jamur ini dapat bergabung dan berkelompok sehingga membentuk organisme multiseluler. Pada masa ini, protista mirip jamur akan bertransisi dari uniseluler menuju multiseluler.

Protista mirip jamur juga bisa dikatakan dengan jamur lendir merupakan sekelompok organisme yang heterogen. jamur lendir memiliki ciri mirip dengan fungi dan juga hewan. Daur hidupnya biasanya melalui fase generatif dan vegetatif secara bergantian.

Protista mirip jamur juga dibagi lagi menjadi 5 filum, yaitu Myxomycota, Plasmodiophoromycota, Labyrinthulomycota, Acrasiomycota, dan Oomycota

Protista Mirip Tumbuhan

Protista mirip tumbuhan memiliki kesamaan morfologi dengan tumbuhan yaitu mempunyai klorofil sehingga bersifat autotrof. Namun, ganggang ini tidak dimasukkan kedalam kingdom plantae karena balum mempunyai diferensiasi sel yaitu belum mempunyai akar, batang dan daun sempurna (semua bagian ganggang disebut talus).

Protista mirip tumbuhan meliputi alga uniseluler dan multiseluler sederhana. Protista mirip tumbuhan uniseluler sering disebut juga sebagai fitoplankton sobat! Sedangkan Protista mirip tumbuhan multiselular sering disebut alga. Protista fotosintetik ini tersebar secara luas di lautan dan danau-danau.

Walaupun sebagian termasuk organisme mikroskopik, organisme ini memiliki peran yang sangat penting. Fitoplankton di lautan menyumbangkan sekitar 70% dari semua aktivitas fotosintesis yang ada di muka bumi ini, yaitu menyerap karbon dioksida, mengisi atmosfer dengan oksigen, dan
menyokong siklus kehidupan dalam jaring-jaring makanan dalam kehidupan air, alias menjadi produsen dalam ekosistem air.

Protista mirip tumbuhan, dibagi menjadi 7 filum, yaitu Euglenophyta, Chrysophyta, Bacillariophyta (Diatomae), Pyrrophyta (Dinoflagellata), Rhodophyta, Phaeophyta, dan Chlorophyta.

Ternyata, banyak juga macamnya ya! Jadi, jangan malas-malas untuk belajar biologi ya!
Previous
Next Post »

Jangan lupa untuk berkomentar ya!
Tapi, jangan sertakan link aktif! Apalagi ngespam..
ConversionConversion EmoticonEmoticon